Marco Polo Pengelana Sejuta Kisah Dari Venezia



Pengelana Sejuta Kisah Dari Venezia
Marco Polo 15 September 1254 – 8 Januari 1324

Dimana jalur sutra berada?
Jalur sutra adalah rute perdagangan kuno paling penting yang menghubungkan Cina, Asia Tengah, Persia, Asia Barat, serta Eropa. Seperti namanya, digunakan para saudagar, terutama saudagar sutra, sejak abad ke-2 SM.

Pada saat bertolak dari Venezia menuju Cina di tahun 1271, Marco Polo barulah berusia 17 tahun. Bersama ayahnya, Niccolo, dan pamannya, Maffeo, ia melakukan perjalanan darat dari armenia (Asia Utara) hingga Hormuz di Teluk Persia.

Setelah itu, mereka menyusuri rute yang dikenal dengan nama jalur Sutra menyeberangi Sungai Oxus lalu mendaki Pegunungan Pamir dan menyeberangi Gurun Takla Makan dan Gobi sebelum akhirnya tiba di Cina pada tahun 1275.

Penguasa Cina, Kublai Khan, tertarik pada kepandaiannya bertutur kata. Selama 17 tahun berikutnya Marco Polo menetap di Cina untuk melakukan tugas-tugas diplomatik bagi Kublai Khan.

Sumber satu-satunya
Selama ratusan tahun, kisah Marco Polo menjadi satu-satunya sumber bangsa Eropa tentang Negeri Cina.

Disalin dari buku
Great People Fascinating Moment And Stories Behind
Penerbit Pustaka Lebah

Sumber foto

“sangat penting karena proses awal anak mengenal sesuatu adalah dengan cara melihat. Gambar itu bisa bendanya sendiri maupun simbol lainnya seperti huruf atau angka”
Pakar Pendidikan, Dr. Arief Rachman

Semoga memberi kebermanfaatan untuk terus mengabdi sesuai tugas tanggungjawab kita terhadap generasi bangsa dan negara Indonesia


Post a Comment

0 Comments