Inspirasi Kebaikan





Aku akan selalu berpegang teguh pada agama Islam dan bertakwa kepada Allah. Dengan demikian, Allah akan selalu menyelamatkanku dari kejahatan orang-orang zalim.

Walau aku memiliki suatu kelebihan dari teman-temanku, aku akan selalu rendah hati. Karena jika aku sombong, Allah dan orang lain tidak akan menyukaiku.

Aku beribadah karena mengharapkan balasan kebaikan dan pahala dari Allah. Sebab, balasan kebaikan dari Allah akan kekal hingga hari akhirat (hari kiamat).

Aku ingin menjadi anak Muslim yang pintar seperti Ibnu Khaldun. Sebab, jika aku menjadi anak hebat, orangtuaku dan orang-orang akan bangga dengan hasil karyaku. Allah dan Nabi Muhammad juga akan bangga kepadaku.

 Seandainya ada orang lain yang berbuat jahat kepadaku, aku akan memafkan mereka. Sebab, anak yang sabar akan dicintai dan disayang Allah.

Aku ingin menjadi anak yang penyayang dan pemaaf seperti Rasulullah saw, yang tidak suka balas dendam maupun memusuhi orang lain.

Aku ingin seperti Abu Bakar yang mencintai Rasulullah saw, dengan rela berkorban terhadap kebaikan.

Aku ingin menjadi orang yang dermawan sebab sifat kikir atau pelit pada akhirnya hanya akan membawa pada kemalangan dan keburukan.

Aku ingin menjadi anak yang selalu bersyukur dan ridha dengan kehendak Allah. Dengan demikian. Allah dan Rasul-Nya, serta orang-orang shaleh akan senang kepadaku.

Jika ada temanku yang mendapat kebaikan dan ia merasa bahagia, aku juga akan ikut merasa bahagia karenanya.

Aku ingat seperti Rasulullah saw, senang membantu orang lain yang kesusahan dan suka memberi bantuan kepada orang yang membutuhkan pertolongan.

Seandainya aku mengalami suatu kesulitan yang disebabkan karena aku melakukan kebenaran atau kebaikan, aku akan selalu bersabar serta meminta pertolongan kepada Allah Yang Mahakuasa.

Aku akan giat belajar supaya aku mempunyai ilmu pengetahuan yang akan menghindarkanku dari berbagai keburukan dan kebodohan.

Aku tidak akan mau berlaku jahat kepada makhluk Allah yang tidak bersalah sebab Allah sangat tidak menyukai orang yang jahat.

Aku akan belajar dengan giat. Sebab, aku ingin menjadi anak Muslim yang kelak, akan memberikan manfaat bagi orang banyak dengan ilmu yang aku miliki.
Aku ingin menjadi anak yang beriman dan selalu taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Aku tidak mau dibenci ataupun dihukum oleh Allah, sebagaimana orang-orang sombong yang mendapat hukuman Allah.

Aku ingin menjadi anak yang patuh kepada perintah Allah dan Rasul-Nya. Aku tidak akan melanggar larangan-Nya sebab jika melanggar larangan Allah dan Rasul-Nya, kelak pasti akan ada hukumannya.

Aku ingin menjadi sahabat yang baik bagi teman-temanku seperti Rasulullah yang peduli kepada sahabat-sahabatnya. Menjadi sahabat yang disenangi tentu akan menyenangkan.

Aku ingin jadi anak yang penyayang seperti Rasulullah, jika aku menjadi anak yang penyayang, pasti Allah dan orang lain juga akan menyayangiku.

Jika aku punya sahabat, aku ingin persahabatanku bertahan lama (awet) karena dilandasi keikhlasan dan ketulusan.

Aku akan selamanya menjadi anak Muslim yang mencintai Allah. Andaikan ada yang menjahatiku, niscaya Allah akan menolong dan menghindarkanku dari kejahatan tersebut.

Aku akan senantiasa menjaga perkataanku agar tidak menyinggung atau menyakiti perasaan orang lain. Dengan demikian aku bisa terhindar dari nasib buruk.

Aku ingin menjadi anak kebanggaan orangtuaku, seperti Fathimah yang penyabar, penyayang, rajin membantu orangtua, dan rajin beribadah.

Aku ingin seperti Rasulullah yang tidak pernah menyakiti orang lain. Dan aku ingin selalu berlapang dada serta memaafkan orang lain yang berbuat salah.

Aku ingin jadi anak yang bijaksana dan memberikan banyak manfaat kebaikan bagi orang lain. Kelak orang-orang akan selalu mengenang bahwa engkau adalah anak baik yang bisa dijadikan teladan.

Aku akan senantiasa bersabar dalam menghadapi setiap masalah, dan aku tidak boleh tergesa-gesa hingga aku berhasil meraih kesuksesan dari usaha yang aku lakukan.

Aku akan menghormati orang-orang yang berpegang teguh kepada ajaran agama Islam seperti Asiah, istri Fir’aun. Aku akan meneladani keberanian mereka membela kebenaran dan kegigihan mereka dalam mempertahankan keimanannya.

Aku mau jadi anak yang penyantun dan dermawan seperti Rasulullah. Dengan demikian, Allah dan orang lain akan selalu senang dan sayang kepadaku.

Aku tidak akan menyakiti makhluk Allah, baik itu binatang, tumbuhan, ataupun manusia.

Aku akan selalu bergantung kepada Allah yang Maha Pengasih dalam setiap urusan agar aku selalu dijauhkan-Nya dari segala bentuk keburukan.

Aku akan memanfaatkan waktuku dengan baik untuk belajar dan beribadah dengan tekun agar aku menjadi anak berprestasi, seperti halnya Imam Bukhari yang berprestasi dalam menguasasi dan hafal banyak hadis Rasulullah saw.
Aku akan rajin membaca dan belajar tentang Al-Qur’an agar aku menjadi anak hebat yang berguna dan dibanggakan oleh Allah, Nabi Muhammad, orangtuaku, bangsa, dan agamaku.

Aku akan menjadi anak yang menghargai Rasulullah dengan tidak melakukan hal-hal yang buruk dan jelek. Sebab, perbuatan buruk dan jelek adalah perbuatan orang-orang jahiliyah (bodoh).

Aku akan dengan senang hati melaksanakan perintah Allah yang disampaikan Rasulullah, karena setiap perintah Allah pasti mengandung kebaikan. Dan aku tidak akan mengingkari atau melanggar sesuatu yang dilarang-Nya.

Allah Mahakuasa melakukan apa pun yang Ia inginkan. Untuk itu, aku akan selalu meyakini kehebatan Allah yang tidak akan ada tandingannya.

Suatu hari nanti aku akan pergi ke Makkah untuk melaksanakan ibadah haji. Di Makkah, aku akan menyaksikan bangunan peninggalan Nabi Muhammad saw, dan Nabi Ibrahim, serta Nabi Ismail as.

Aku akan senantiasa mencintai Allah dan Rasul-Nya. Dengan mengutamakan Allah dan Rasul-Nya dari yang lain, niscaya Allah akan senantiasa memberikan kebahagiaan.

Aku ingin menjadi anak yang selalu baik seperti halnya para malaikat yang selalu berbuat baik dan senang menaati Allah jika aku baik, pasti para malaikat akan senang menjaga dan melindungiku dari hal-hal buruk.

Allah telah menjadikan tubuhku sehat, memberikan makan, rumah, dan sebagainya. Oleh sebab itu, aku akan memanfaatkan semua nikmat yang Allah karuniakan kepadaku untuk hal-hal yang baik, dan disukai Allah saja.

Aku mencintai Rasulullah saw. Untuk itu, aku ingin seperti Khadijah yang dermawan dan senantiasa berusaha membela dan mengamalkan ajaran-ajaran Islam.

Aku ingin jadi anak teladan seperti Umar bin Abdul Aziz, yang melakukan sesuatu hal dengan sepenuh hati, tanpa berlaku curang, dan berpegang teguh pada keimanan kepada Allah.

Aku ingin negeriku dan negeri-negeri Muslim lainnya seperti halnya kota peninggalan para Nabi, yaitu Kota Makkah. Selalu aman dari peperangan dan permusuhan. Di dalamnya orang-orang rajin beribadah kepada Allah.

Aku akan menghargai jasa-jasa para pahlawan Islam seperti Abu Bakar, dengan mempelajari dan mengamalkan  Islam secara sungguh-sungguh. Aku juga akan membela Islam dari orang-orang jahat yang membenci Islam.

Aku tidak akan mengecewakan pengorbanan Rasulullah dalam memperjuangkan kebenaran Islam. Untuk itu, aku akan senantiasa menjadi anak saleh yang rajin ibadah dan berakhlak mulia.

Seandainya Allah member ujian kepadaku dengan mengalami sesuatu hal yang tidak aku sukai, maka aku akan bersabar. Sesungguhnya ujian dari Allah adalah pertanda sayangnya Allah kepada hamba-Nya yang beriman.
Aku ingin menjadi anak Muslim yang kuat dan sehat seperti Rasullah, sebab jika seandainya ada musuh yang berlaku jahat, aku akan dengan mudah mengalahkannya.

Aku ingin menjadi anak Muslim yang hebat dan berani membela kebenaran sehingga tidak akan ada orang yang berani mencela orang baik, mencela Rasulullah, ataupun mencela agama Islam.

Aku akan berdoa kepada Allah supaya semua umat Islam di dunia selalu rukun dan bersatu, sebagaimana Ka’bah, satu-satunya kiblat umat Islam yang melambangkan kesatuan umat Muslim di dunia.

Aku akan menjadi anak yang penyayang. Aku tidak akan mengganggu atau menyakiti makhluk Allah, seperti hewan. Sebab, hewan juga mempunyai perasaan seperti manusia. Ia akan merasa sakit bila disakiti.

Sumber:
Mutiara Kisah
Edukatif Islami
Membentuk Karakter Anak

Penulis Luthfi Yansyah El Sanusy
Penerbit Zikrul Hakim



Post a Comment

0 Comments