5 Manfaat Perusahaan Fintech bagi Masyarakat


5 Manfaat Perusahaan Fintech bagi Masyarakat - Di era teknologi seperti saat ini, begitu banyak kemudahan yang dapat Anda dilakukan, termasuk dalam bidang keuangan. Saat ini, seluruh transaksi keuangan dapat dengan mudah dilakukan melalui handphone yang ada di tangan Anda.


Tak hanya itu, perusahaan di bidang jasa keuangan pun, sekarang tidak hanya berupa bank atau koperasi saja, tapi ada perusahaan jasa keuangan yang khusus di bidang financial technology. Perusahaan-perusahaan tersebut merupakan perusahaan start up yang menggabungkan teknologi dengan jasa keuangan yang mereka miliki.

Di Indonesia sendiri, terhitung sampai tanggal 20 Desember 2019 lalu, telah terdaftar sebanyak 164 perusahaan fintech. Berdirinya perusahaan-perusahaan jasa keuangan berbasis teknologi ini semakin menambah gairah perekonomian bangsa ini.

Mengapa? Karena hadirnya perusahaan start up tersebut merupakan inovasi baru  yang dapat mengubah dan mempercepat segala aspek pelayanan dalam bidang keuangan. Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan adanya perusahaan ini, diantaranya adalah :

Mudahnya Melakukan Berbagai Metode Pembayaran.
Ya, mulai dari pembayaran listrik, telepon, BPJS hingga transfer dana, pinjaman, pengumpulan dan pengelolaan dana, semua dapat dengan mudah dilakukan. Dengan demikian hal ini telah mengubah pula gaya hidup masyarakat yang kini bergantung pada teknologi digital.

Membawa Rasa Aman
Tak hanya itu, banyaknya perusahaan fintech OJK yang telah berhasil terdaftar semakin menambah rasa aman di masyarakat untuk menyimpan dana dan melakukan pinjaman dengan mudah dan cepat.

Menghemat Waktu
Jika dahulu Anda harus mengantri di bank untuk melakukan transaksi atau aktivitas keuangan lainnya, sekarang hal itu tidak perlu lagi. Karena jika Anda tergabung ke dalam perusahaan financial technology ini, Anda tinggal melakukan seluruh aktivitas keuangan melalui handphone saja.

Sungguh hal ini sangat menghemat waktu Anda, bukan? Karena sekali lagi Anda tidak hanya pergi keluar rumah untuk mengantri di bank atau ATM. 

Meningkatkan Kesejahteraan Hidup Masyarakat
Jika Anda masih belum memahami apa itu fintech, maka lihatlah hal tersebut sebagai perusahaan jasa keuangan yang bertransformasi dengan membangun infrastrukturnya secara teknologi.

Manfaat yang paling mendasar dari perusahaan berbasis teknologi bagi kehidupan masyarakat modern saat ini adalah dapat meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakatnya.

Hal ini terbukti, dengan adanya perusahaan-perusahaan financial technology ini di banyak negara khususnya Asia Tenggara, ternyata telah mampu mengatasi kemiskinan hingga 600 juta jiwa.

Mencegah Jumlah Pinjaman Berbunga Tinggi
Seperti yang sering dilakukan para rentenir kepada masyarakat awam di pedesaan, atau praktek - praktek jasa keuangan lainnya yang memberi pinjaman dengan bunga tinggi. Tidak demikian halnya dengan perusahaan fintech yang justru mencegah hal itu terjadi.

Oleh karena, kehadiran perusahaan ini diakui masyarakat sebagai penolong yang mampu mencegah praktek riba meluas di tengah masyarakat. Selain itu, sistem yang digunakan pun dirasa lebih transparan serta dapat dinikmati semua kalangan masyarakat.

Demikian beberapa manfaat fintech bagi masyarakat yang perlu Anda ketahui. Apakah Anda tertarik untuk melakukan investasi di perusahaan-perusahaan tersebut?

Post a Comment

0 Comments