Gejala Kanker Payudara dan Jenis Pengobatan Sesuai Stadium


Gejala kanker payudara ditandai dengan benjolan sekitar payudara diikuti rasa sakit dan sensasi berduri dirasakan dalam beberapa saat ini. Terjadi pembengkakan pada bagian tulang selangka, ketiak atau payudara diaman sel kanker telah menyebar menuju kelenjar getah bening dan beberapa kanker payudara cukup agresif sebagai tanda kanker payudara inflamasi. Selain itu menandakan permukaan payudara tidak merata seperti melekuk tak normal dan memberikan perubahan pada bentuk payudara secara signifikan dari segi temperatur, tekstur dan ukuran. Terjadi perubahan bentuk puting seperti luka-luka, rasa gatal, rasa terbakar, tertarik pada bagian dalam atau layaknya seperti lesung pipit dan keluarnya cairan tak normal.



Berikut adalah stadium kanker dan pengobatan diantaranya:

  • Kanker stadium 0 jika sel prakanker berada pada saluran susu atau disebut sebagian kanker non invasig dan kanker dapat menyebar ke bagian luar saluran, pengobatannya untuk menghindari kanker invansif, lumpektomi dengan terapi radiasi untuk menyembuhkan kanker.
  • Kanker stadium 1 dengan kanker stadium 1A berukuran 2 cm berada di payudara dan belum menyebar ke kelenjar getah bening dan stadium 1B yang lebih kecil dari 2 cm dan sudah mulai ditemukan di kelenjar getah bening aksila, melakukan pengobatan dengan operasi dan terapi adjuvant.
  • Kanker stadium 2 dengan kanker stadium 2A dimana 2 cm telah menyebar menuju kelenjar getah bening berada dekatnya dan ukuran tumor 2 hingga 5 cm tetapi belum menyebar, stadium 2B dimana ukuran 2 cm dan 5 cm menyebar menuju kelenjar getah bening dan lebih besar dari 5cm tetapi belum menyebar menuju bagian luar payudara, pengobatannya seperti terapi hormon, radiasi, pembedahan dan kemoterapi.

Terdapat juga kanker stadium 3A dimana kanker menyebar hingga 4 dan 9 kelenjar getah bening aksila atau adanya pembesaran pada kelenjar pada mamaria interna dan tumor ini berukuran lebih dari 5 cm dan 3A juga dapat berkurang 5 cm tetapi terlibat penyebaran dalam 1 hingga 3 kelenjar getah bening atau node dada. Stadium 3B sudah menyerang kulit atau dinding dada dan menyerang 9 kelenjar getah bening dan stadium 3C ditemukan 10 hingga lebar kelenjar getah benign terserang kanker termasuk kelenjar yang berada dekat selangka. Pengobatan kanker dengan terapi hormon, terapi radiasi dan kemoterapi.

Perubahan saat melakukan pengobatan kanker payudara adalah perasaan campur aduk dan ini tentu membutuhkan waktu yang lama sehingga tetap berpikir positif dan mendapat dukungan dari orang terdekat. Perubahan fisik karena menjalani radioterapi dan kemoterapi seperti kelelahan, kehilangan nafsu makan, gangguan pada siklus menstruasi, gangguan tidur, rambut rontok, lelah, pembengkakan pada area yang terkena radiasi. Terdapat juga perubahan payudara karena kehilangan salah satu bentuk dari payudara.

Berikut adalah panduan makan untuk penderita kanker payudara diantaranya:

  • Protein untuk melawan infeksi, memperbaiki sel dan menyembuhkan bekas luka dengan menggunakan kacang tanah, almond dan keju, menambahkan buah-buahan, kentang dan susu bubuk dalam makanan.
  • Kedelai dengan kandungan fitoestrogen yang mirip estrogen pada tubuh, sebaiknya berkonsultasi karena dapat mengganggu pengobatan lain yang sedang dijalani.

Selain itu perlu mengonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan dari mangga, brokoli, wortel dan blueberri yang melindungi tubuh dari kerusakan. Kandungan lycopene dari semangka, tomat merah atau warna merah dari jeruk bali untuk melawan penyakit kanker. Jika sudah mengalami gejala kanker payudara maka bersiap untuk mendapatkan pengobatan dan mengubah pola makan untuk menurunkan gejala.

Post a Comment

0 Comments