5 Tips Menjaga Kulit Wajah Tetap Sehat Saat Menggunakan Masker

Setelah pembatasan sosial berskala besar dilonggarkan, banyak karyawan yang kembali bekerja di kantor. Dalam tata cara kehidupan baru (new normal), menggunakan masker adalah suatu kewajiban untuk menghindari penyebaran virus Corona. Masker kain banyak dicari terutama di toko daring yang khusus jual masker kain.

Di ruang publik, terutama kantor, masker harus selalu digunakan. Apabila Anda bekerja selama delapan jam, tentu Anda harus menggunakan masker hingga sore hari, kecuali saat makan siang. Penggunaan masker ini dapat memicu berbagai permasalahan kulit wajah, terutama yang memiliki kulit sensitif.

Menjaga Kulit Wajah Agar Tetap Sehat

Masker dapat memicu keringat pada daerah sekitar mulut, hidung, dan pipi. Selain itu, untuk jenis kulit tertentu, menggunakan masker juga dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan agar kulit wajah Anda senantiasa sehat saat menggunakan masker:

  1. Menggunakan Serum Wajah dan Face Mist

Agar kulit wajah tetap sehat dan terjaga kelembabannya, tambahkan serum wajah dan face mist pada rutinitas perawatan kulit Anda. Serum dan face mist berguna untuk menambah nutrisi sehingga wajah Anda tampak sehat.

Serum membantu regenerasi kulit sehingga dapat mengurangi risiko penuaan dini, jerawat, dan noda hitam. Face mist berfungsi agar kulit Anda tidak kusam. Gunakanlah serum dan face mist sebelum menggunakan pelembab serta produk untuk kulit wajah yang lain.

  1. Gunakan Pelembab Sesuai Jenis Kulit

Rutinitas menggunakan pelembab tidak boleh terlupakan. Pelembab menjaga kulit agar tetap terhidrasi dari kondisi yang kering. Pelembab juga memberikan nutrisi pada kulit sehingga tetap sehat meski selalu dalam keadaan tertutup.

Pilih pelembab yang ringan dan cepat menyerap di kulit, terutama bagi Anda yang memiliki kulit berminyak. Baik juga apabila bahan pelembab yang Anda gunakan tidak terasa lengket.

Jangan langsung gunakan masker setelah Anda mengoleskan pelembab pada wajah. Tunggulah beberapa saat agar masker terserap sempurna.

  1. Memilih Bahan Masker Kain yang Lembut

Untuk melindungi kulit dari gesekan kain, Anda dapat memilih bahan masker yang lembut dan halus. Masker dengan kualitas kain yang bagus dapat ditemukan di toko jual masker kain. Dengan menggunakan masker yang berbahan lembut, Anda juga akan merasa nyaman.

Pilihlah bahan kain yang tebal tetapi tidak membuat sesak. Anda juga dapat memilih masker yang menggunakan valve. Fungsi valve ini agar menjaga masker tidak lembab dan tetap kering.

  1. Menggunakan Tabir Surya

Meskipun setengah wajah Anda tertutup masker, tabir surya tetap penting untuk digunakan terutama pada pemilik kulit sensitif. Tabir surya melindungi Anda dari bahaya sinar UV yang dapat menyebabkan wajah terasa terbakar, perih, dan gatal.

Di dalam ruangan pun, Anda juga disarankan tetap mengoleskan tabir surya pada wajah. Sinar UV juga menyebabkan penuaan dini dan memicu kanker kulit. Pilih tabir surya dengan SPF 30 agar kulit terlindungi dari sengatan panas matahari.

  1. Jaga Bibir Anda agar Tidak Kering

Menggunakan masker juga dapat membuat bibir terasa kering. Meskipun tertutup, jagalah kelembaban bibir menggunakan pelembab bibir. Pilihlah pelembab yang kaya akan Vitamin E dan sesuai dengan kebutuhan bibir Anda.

Agar tetap merasa nyaman, oleskan pelembab lebih tipis dari biasanya. Untuk yang terbiasa menggunakan lipstik saat ke luar rumah, Anda juga tetap bisa menggunakan lipstik yang memiliki pelembab.

Saat ini, kesehatan sangat penting untuk dijaga. Menjaga kesehatan kulit adalah salah satunya. Memilih masker berkualitas baik menjadi salah satu pertimbangan agar kulit wajah Anda tetap sehat. Tempat jual masker kain tentu memiliki beberapa pilihan bahan kain sehingga Anda dapat memilih bahan yang diinginkan.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat, ya!

Post a Comment

0 Comments