Pentingnya Mengetahui Contoh Invoice yang Benar

Contoh Invoice – Bagi para pebisnis maupun pengusaha, mengelola invoice tentu sudah menjadi bagian dari kesehariannya. Invoice adalah sebuah dokumen daftar barang kiriman yang dilengkapi dengan catatan nama, jumlah, dan harga yang dikeluarkan penjual dan harus dibayar oleh pembeli atau pelanggan. Biasanya invoice ini dibuat dalam tiga rangkap dan masing-masing untuk pembeli jika telah melunasi tagihan, satu lembar untuk arsip dan satu lagi lainnya untuk laporan bagian keuangan.



Pemilihan jenis dan contoh invoicenya sendiri juga beragam dan sesuai dengan jenis transaksi bisnis yang dijalaninya. Mungkin sebagian dari kamu sudah memahami dan tahu bentuk dari invoice, namun kadang banyaknya contoh invoice yang beredar ini kadang membuat kamu ragu.

Komponen dalam Invoice

Adanya invoice ini tentu sangat membantu sekaligus mempermudah dalam pengelolaan barang dan jasa yang telah dibeli oleh pelanggan. Terutama lagi dalam perhitungan laba dalam sebuah perusahaan maupun bisnis.

Nah, sesuai yang sudah kita bahas sedikit di atas, jenis, format maupun contoh invoice itu sendiri memang disesuaikan dengan transaksi dan bisnis yang dijalankan. Tetapi, beberapa komponen invoice memang perlu ada lengkap di dalamnya. Komponen yang harus ada diantaranya:

       Nomor urut invoice

       Purchase order/ nomor order

       DO/ SJ atau kode nomor transaksi DO/ SJ

       Detail barang

       Sub Total

       Diskon (bila ada)

       Biaya pengiriman (bila ada)

       Biaya PPN

       Total Biaya

Pentingnya Mengetahui Contoh Invoice yang Benar

Salah satu alasan mengapa invoice penagihan harus dibuat dengan sesuai dan benar, karena invoice berfungsi sebagai sebuah bukti yang sah dan nantinya akan digunakan sebagai rujukan dalam proses pembukuan. Tanpa adanya informasi yang akurat, proses pembukuan dapat berjalan tidak sesuai sehingga, dapat berjalan tidak lancar sehingga, mengharuskan kita untuk mengisinya dengan sesuai dan lengkap.

Namun, invoice ini tidak hanya berguna untuk pembukuan saja, karena invoice dapat dijadikan sebagai bukti apabila terjadi salah dalam proses pengiriman maupun perhitungan pada nominal yang ada. Hal tersebut juga penting bagi setiap orang untuk mengetahui bentuk yang sesuai.

Karena itu, apabila kamu memiliki kendala untuk membuat invoice atau membutuhkan contoh invoice yang digunakan untuk mengelola bisnis maupun usahamu. Kamu dapat melihat invoice di bawah ini sebagai contohnya.

Dapatkan Template Contoh Invoice Word & Excel Gratis!

Jika kamu bingung untuk membuat invoice, ini contoh invoice word yang dapat kamu gunakan untuk mempermudah pengelolaan transaksi dalam usaha maupun bisnismu.

Kemudahan lain yang dapat kamu nikmati adalah kamu dapat menjadikan invoice sebagai agunan untuk pinjaman modal usaha invoice financing. Salah satu platform yang menyediakan layanan pinjaman invoice financing adalah Akseleran.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

 

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

 

Yuk! Gunakan kode promo AKSLSEO saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

 

Post a Comment

0 Comments